Cara Membantu Pengobatan Kista Ovarium - Tips Banget

Berbagai Tips Kesehatan, Kecantikan dan lain-lain

Hot

Post Top Ad

Cara Membantu Pengobatan Kista Ovarium

Cara Membantu Pengobatan Kista Ovarium 

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang berada di dalam ovarium. Perkembangan kista ovarium mungkin terjadi pada satu atau kedua indung telur. Biasanya kista ovarium tidak berbahaya dan akan hilang sendiri. Tetapi terkadang kista ovarium bisa menjadi sangat besar sehinga pecah, atau menyebabkan kerusakan pada ovarium. Dan kista ovarium paling sering terjadi pada wanita usia subur.

Jenis kista ovarium

Kista ovarium fungsional
Kista ovarium yang terbentuk karena kerusakan pada pematangan folikel. Kista fungsional ini ada 2 jenis :
Kista folikular, hal ini terjadi jika folikel gagal pecah dan melepaskan sel telur saat ovulasi, malah terus tumbuh membentuk kista.
Kista corpus luteum.
Setelah ovulasi, setelah telur dilepaskan, folikel berubah menjadi apa yang disebut korpus luteum. Perkembangan kista korpus luteum terjadi saat pembukaan di folikel tempat telur yang dilepaskan dan kemudian menyebakan korpus luteum menumpuk cairan dan tumbuh menjadi kista.

Kista Dermoid
Kista ini dianggap kompleks dan berkembang dari sel yang menghasilkan telur manusia. Karena itu jenis kista ini bisa berisi rambut, gigi atau kulit.

Endometrium
Kista tipe ini terbentuk saat sel endometrium berpindah menempel ke ovarium dan membantuk pertumbuhan (endometriosis). Kista ini biasa disebut dengan kista coklat.

Ketiga jenis kista ovarium tersebut diatas dapat menyebabkan kerusakan pada ovarium, termasuk jaringan bekas luka, jaringan parut dan adhesi.

Ovarium Polikistik
Ovarium polikistik mengembangkan banyak kista kecil berturut-turut di permukaan ovarium, yang terlihat seperti untaian mutiara. Ovarium polikistik dikaitkan dengan PCOS (Polycystic Ovarium Syndrome). Dalam hal ini, ovarium bisa membesar sampai 2 kali ukuran normal. PCOS cepat menjadi kelainan endokrin utama pada kalangan para wanita.

Apa penyebab kista ovarium ?

Penyebab kista ovarium antara lain :
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Hipotiroidisme
  • Merokok
  • Haid dini (umur 11 tahun atau lebih muda)
  • Kegemukan
  • Pengobatan infertilitas dengan gonadotrapin ditemukan sebagai penyebab beberapa kista ovarium pada kebanyakan wanita

Tanda dan Gejala Kista Ovarium

Kebanyakan wanita memiliki kista ovarium, ttetapi banyak yang tidak mengetahuinya. Biasanya tidak tidak merasakan tanda atau gejalanya. Kista akan menimbulkan gejala jika sudah mulai membesar dan diketahui dari pemeriksaan. Gejala kista ovarium sebagai berikut :
  • Nyeri panggul, biasanya disisi dimana kista tumbuh. 
  • Siklus menstruasi tidak teratur
  • Nyeri berlebihan datang dan pergi secara mendadak sepanjang siklus mesntruasi
  • Nyeri panggul setelah berhubungan intim atau saat berolah raga
  • Mual dan muntah, biasanya kan terjadi jika kista pecah
  • Nyeri vagina dengan pendarahan flek-flek
  • Perut kembung
  • Nyeri pada perut sat buang air kecil atau buang air besar
  • Ketidaksuburan

Cara mendiagnosa kista ovarium

Jika Anda mengira Anda mengalami tanda-tanda kista ovarium seperti diatas, dokter dapat membantu mengarahkan tes diagnostik. Berikut beberapa tes yang mungkin dilakukan dokter :

Ultrasound endovaginal adalah pemeriksaan ultrasound vagina yang dimasukkan ke dalam vagina. Jenis ultrasound ini telah ditemukan untuk menghasilkan gambaran kista ovarium yang lebih baik daripada ultrasound eksternal melalui dinding perut.
Operasi laparoskopi dapat dilakukan untuk mengetahui jenis kista dan melakukan biopsi.

CT atau MRI dapat digunakan jika ada kekhawatiran lebih lanjut.

Serum CA-125 assay adalah tes darah untuk mengetahui apakah kista itu bersifat kanker. Tes ini tidak selalu akurat karena peningkatan kadar CA-125 juga dapat menandakan adanya fibroid uterus, adenomiosis atau endometriosis.

Cara Pengobatan Kista ovarium

Cara medis pengobatan kista ovarium.
Jika kista ovarium menjadi terlalu besar, dianggap berisiko tinggi pecah, adalah kista yang kompleks, terpelintir atau melekat pada bagian lain dari tubuh internal, dokter mungkin memilih untuk cara dengan operasi. Dokter akan dapat membantu Anda menentukan pilihan terbaik.

Terapi alami pengobatan herbal kista ovarium
Terapi ini sangat efektif untuk membantu pengobatan kista ovarium. Terapi ini membersihkan dan mencegah. Dalam terapi ini, proses pengobatan akan menyeimbangkan hormon dengan mengurangi kelebihan estrogen, mengurangi ukuran dan pertumbuhan kista dan mencegah agar kista tidak muncul lagi di waktu yang akan datang.
Terapi ini biasanya memiliki hasil dalam 3 bulan, namun sebaiknya dilakukan sebelum program hamil.

Manfaat Terapi Alami Pengobatan Kista Ovarium:


  • Mengurangi kelebihan estrogen
  • Meningkatkan keseimbangan hormon
  • Mengurangi ukuran dan pertumbuhan kista
  • Sangat efektif
  • Tidak ada efek samping negatif

Mengurangi Kelebihan Estrogen
Kelebihan estrogen adalah salah satu jenis ketidakseimbangan hormon yang paling umum yang dapat menyebabkan terganggunya ovulasi. Salah satu cara terbaik untuk menyeimbangkan hormon adalah dengan diet ketat dan mulai mengkonsumsi herbal suplemen penyeimbang hormon, seperti Lady Fem.
Lady Fem membantu membersihkan tubuh dari estrogen berlebih ini, membantu keseimbangan hormon dan menghambat pertumbuhan kista ovarium. Lady fem harus diminum setiap hari setidaknya selama tiga bulan bersamaan dengan perubahan gaya hidup termasuk menghindari xenoestrogen yang terdapat pada produk, makanan dan lingkungan.

Hindari makanan berikut : 
Hindari mengonsumsi makanan kedelai
Makan hanya daging organik dan susu
Hindari soft drink
Jangan konsumsi MSG atau penyedap rasa
Jangan konsumsi mie instan

Herbal Suportif untuk Kista Ovarium
Dengan menggunakan ramuan herbal Lady Fem, dapat membantu memberi makan sistem endokrin, meningkatkan keseimbangan hormonal, ovulasi teratur, dan sirkulasi yang tepat ke organ reproduksi.

Klik di sini untuk info mengenai Lady Fem





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad